Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Sabtu, 20 November 2010

Melatih Lay Up

Free Image Hosting at www.ImageShack.us Lay Up satu tangan adalah jenis shoot yang paling penting untuk dikuasai oleh pemain bola basket, terutama pemain dengan team bertipe fast break.
Mari kita telaah secara harfiah, saya lebih suka menyebut lay up adalah “biarkan up”, maksudnya tidak perlu kita mendorong, menolak, melempar.. tapi biarkan saja bola itu naik sendiri terdorong lompatan kita. Tangan hanya berfungsi sebagai pengarah bola (simple kan??). Kebanyakan orang berpikir lay up ya sama aja kaya shoot, jadi harus penuh tenaga untuk mencapai ring.
Lay Up biasanya dilakukan dari sisi luar lapangan dan jarang dilakukan dari tepat tengah lapangan. Karena lay up yang baik memerlukan titik pantulan yang tepat yang hanya bisa didapatkan dari sisi luar lapangan.
Dalam kalimat singkat seperti favorit saya... anda Lari (Drive) – perhitungkan jarak – langkah terakhir Jump – just let it lay up...
Kalo kata bocah mah.. satu. Dua.. loncat... satu .. dua.. loncat... (maksudnya langkah kanan-kiri-loncat)
Berikut adalah beberapa pola (pattern) latihan yang bisa dilakukan. (lihat gambar untuk detail)
Oke setelah molor semalam, sekarang mari kita lanjutkan lagi. bentuk bentuk latihan yang dapat digunakan dalam berlatih Lay Up..

LEGENDA GAMBAR
Lingkaran = Pemain
Garis Lurus = Arah Pergerakan
Garis Patah-Patah = Arah Passing
Garis Ikal = Arah Langkah / dribble
pola diatas dapat dilakukan dengan berbagai macam variasi, misal dengan halangan ataupun mulai langkah dari haris 3 point misalnya. semakin advance, maka semakin jauh awalan yang dipakai.
sekian.. semoga drill/ pola latihan lay up ini berguna.
Semoga post ini berguna.. dan jangan lupa
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini..^^V


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top