Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Jumat, 19 November 2010

[Dasar] Shooting

Free Image Hosting at www.ImageShack.usShooting adalah salah satu bentuk offense skill dalam permainan bola basket. Tujuan dari pelatihan skill offense terutama skill shooting adalah meningkatkat akurasi dari setiap shooting yang kita lakukan. sebagian besar pemain basket pasti mengerti bahwa akurasi adalah yang utama, tapi cm sedikit yang sadar bahwa untuk melatih akurasi shooting harus berlatih dengan benar mengikuti tutorial yang tepat. nah.. disinilah aspek aspek yang mempengaruhi shooting skill akan di bahas.. check it out..
Dalam tutorial ini sebagian besar latihan bisa dilakukan sendiri, tanpa harus dengan team maupun pelatih. jadi, sebagai pemain kita harus bisa memperbaiki diri sendiri. artinya setiap pemain harus mengerti mekanisme yang benar yang mempengaruhi setiap aspek dari keberhasilan, kegagalan dari setiap shooting yang dilakukannya.
Setiap pemain harus mengerti kemampuan jarak tembak terbaiknya, apakah 3 point shoot, under basket shoot, perimeter shoot, dan lain lain. oleh karena itu sebelum memulai latihan yang sesuai dengan kemampuan dan spesialisasi kita, setiap pemain yang baik harus mencoba dulu semua macam jenis shooting yang bisa dilakukan, yang bisa menjadi modal dalam permainan nantinya. nah.. bagaimana menilai kemampuan shooting kita? kemampuan shooting secara garis besar dipengaruhi oleh aspek mental dan aspek fisik.

 
Aspek Mental: Faktor mental adalah faktor yang paling penting untuk di kuasai dalam shooting skill. mengetahui kapan harus shooting, dan melakukannya dengan efektif walaupun dalam tekanan akan mampu menjadikan kita shooter yang handal.satu hal yang harus di camkan oleh kalian, bahwa sebesar apapun bakat yang kalian miliki, tapi kerja keras dan latihan akan lebih berpengaruh dalam peningkatan skill, refleks dan kekuatan kita. berlatih dan berlatih... itu kuncinya. dan tentunya berlatih dengan teman tanding, sehingga kita dapat mengukur kemampuan dan memperbaiki mental bertanding kita.


Aspek Mental terbagi 2, yaitu
Konsentrasi : adalah mampu menjaga fokus dalam permainan, melalui latihan yang serius, shooter yang baik akan meningkatkan kemampuan konsentrasi mereka. dan tentu saja shooter yang baik harus mampu tampil relaks, dan menciptakan suasana relaks walaupun dalam pertandingan yang keras.
Kepercayaan diri (confidence): tentunya kepercayaan diri berhubungan dengan keberanian, dalam diri setiap shooter harus tercermin rasa percaya diri bahwa setiap shootnya akan masuk. tanpa kepercayaan diri.. point dari shooting hampir tidak mungkin. (saya selalu ingat setiap main basket, pasti saya passing ke teman yang free sambil tereak.. shoot.. PD aje...)

Aspek Fisik: terkadang dalam permainan basket, sebaik apapun seorang pemain, namun terkadang ada aja waktu off fire nye.. alias ga masuk2x mulu kalo shooting. banyak faktor yang memperngaruhi ini, nah selain aspek mental, ada juga aspek fisik yang mempengaruhi. berikut adalah faktor fisik yang mempengaruhi setiap skill pemain, khususnya shooting skill.
secara simple saya ingin berbagi tentang teori BEEF ( ya benar, teori sapi dalam latihan shooting). saya pertama nemu istilah ini di komik Harlem Beat. BEEF adalah singkatan dari :
Body Balance : Keseimbangan tubuh saat melakukan shooting sangat penting, baik itu 3 point shooting, perimeter shooting maupun under basket shooting. tanpa keseimbangan tubuh yang baik dan terjaga, shooting yang baik pun tidak akan tercipta. selalu jaga keseimbangan tubuh, baik pada saat bersiap shooting, pada saay shooting maupun pada saat selesai shooting.posisi kaki dalam melakukan shooting harus tegak lurus mengarah ke ring, posisi kaki yang tidak sesuai akan mengurangi akurasi shooting.


Free Image Hosting at www.ImageShack.us Elbow(siku) : pada saat melakukan shooting, terutama pada pemain pemula biasanya terjadi kesalahan pada cara memegang dan melempar bola. teori yang benar adalah bahwa bola di tolak bukan dilempar.. let it flow gt loh.. posisi siku harus membentuk sudut 90 derajat, lurus terhadap ring. dengan cara memegang yang rileks aja. (gambar nanti di posting dah)


Eye : shooter yang baik mempunyai feeling dan penglihatan yang baik, selalu fokus terhadap target, memiliki ritme yang baik antara melihat, targeting, shooting, pasca shooting.


Follow Through : gabungan dari posisi kaki yang tepat, body balance yang terjaga, sudut siku yang baik, dan penglihatan yang sempurna.. semua dilakukan dalam ritme yang terjaga... See, jump, release, follow through... slurp....


Semoga post ini berguna.. dan jangan lupa
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini..^^V


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top