Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Minggu, 21 November 2010

[Dasar] Dribbling

Free Image Hosting at www.ImageShack.us
Dribbling
apa itu dribbling? bahasa kampungnya dribbling atau dribble adalah bergerak sambil memantul2xkan bola  basket ketanah. lalu apakah gunanya kita menguasai skill dribble ini? gunanya adalah untuk bergerak dalam permainan bola basket. karena dalam permainan bola basket kita tidak boleh melangkah lebih dari 2 langkah tanpa mendribble bola (travelling/walking violation. lebih lengkapnya tentang dribble akan dibahas disini.. check it out..


Menggiring bola (dribbling ball) adalah salah satu dasar dari permainan bola basket yang berarti suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.

macam macam Variasi Dribble
Wraparound adalah dribble dengan kombinasi ketika kita mendribble dengan tangan kanan lalu melewati bokong kita dilanjutkan dengan tangan kiri (bisa kebalikan). tujuannya adalah melindungi bola dari sergapan musuh.
Spin Move adalah gerakan dribble bola yang dikombinasikan dengan gerakan pivot (berputar dengan bertumpu pada 1 kaki tumpuan). tujuannya adalah sama, menghindari lawan.
Crossover adalah variasi dribble dengan memantulkan bola diantara kedua kaki kita baik dari kanan kiri maupun kiri kanan. tujuannya adalah untuk memancing reaksi dari lawan, dan kita bergerak sesuai dengan reaksi yang diberikan tersebut.
Semoga post ini berguna.. dan jangan lupa
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini..^^V


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top