Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Senin, 22 November 2010

[Dasar] Passing

Free Image Hosting at www.ImageShack.usPassing
Passing atau operan adalah memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket, jikalau memberikan bola ke lawan dalam permainan bola basket itu namana Passtoll (passing tolol).. ehehehe
Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks. Chest Pass Dasar dari team yang memiliki gaya permainan pass and run, karena kecepatan passing pada chest pass adalah yang tercepat dibandingkan jenis pasing lain.


Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada.

Jenis Jenis Passing (no 1-3 adalah jenis passing standar).
1.Bounce Pass
2.Chest Pass
3.Overhead Pass
4.Baseball Pass
5.Jump Pass
6.Blind Pass
7.Behind the back pass
8.Elbow Pass

1. Bounce Pass
sesuai namanya, bounce.. artinya memantul. maka bounce pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara dipantulkan ke tanah. teorinya adalah memantulkan ke tanah dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke target kawan.

2. Chest Pass
lagi lagi sesuai namanya, Chest.. artinya dada (bedakan dengan breast, walo sama sama dada, tapi beda bayangannya ya..). chest pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara di passing tepat diarah depan dada. kelebihan chest pass adalah lebih cepat, lebih kuat untuk mencapai kawan. cocok untuk team dengan tipe quick passing.

3. Overhead pass
lagi lagi lagi sesuai namanya, overhead.. artinya diatas kepala. overhead pass adalah memberikan passing ke kawan dengan memegang bola diatas kepala, lalu lemparkan. overhead pass biasa digunakan pada team dengan tipikal wall center. maksudnya center maupun pemain dengan badan tinggi yang memiliki matchup lawan yang lebih kecil. maka overhead pass sangat berguna.


4. Baseball Pass
passing yang jika dilihat caranya mirip dengan orang melempar bola baseball ataupun bola rugby. biasanya digunakan untuk long passing dalam fastbreak.

5. Jump Pass
nah lo.. passing sambil loncat??? gimana maksudnya ya.. hehhe. maksudnya adalah gini, mungkin pernah lihat pemain yang seperti akan melakukan shooting jump shoot, namun tiba tiba dia memberikan passing ke kawan. teknik ini sangat tidak dianjurkan, karena biasanya akan terkena blok, tercuri, maupun salah passing yang mengakibatkan turnover.

6. Blind Pass
sesuai namanya lagi.. blind alias buta, so blind pass bisa disebut juga sebagai no look pass. bisa di cek cara bermain Magic Johnson, John Stockton, Steve Nash, sering tu no look pass mereka.

7. Behind the Back Pass
namanya keren ya, passing ke belakang. ya sesuai namanya passing ini diberikan kepada kawan dibelakang kita tanpa kita harus memutar tubuh. jadi passing sambil membelakangi kawan.

8. Elbow Pass
passing tingkat sulit, memberikan passing menggunakan sikut. gmana caranya ya? ya namana aja tingkat sulit.. ya sulit lah.. haha.
biasa diperagakan dalam freestyle basketball. namun dalam basket resmi, passing model ini sangat riskan.

Kode Wasit Bola Basket
Dasar DasarPassing
Pola Pertahanan Zone Defense
Melatih Dribble
Jenis Jumpshoot/
Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top