Blog tentang permainan dan latihan bola basket, basketball tactics, practice, match, game technique, dribble, shooting,Pola Permainan

Jenis jenis Jump Shoot

Jenis jenis Jump Shoot

Free Image Hosting at www.ImageShack.us
Jump Shoot adalah jenis shoot yang paling sering digunakan untuk mendulang point dalam permainan bola basket. Baik itu ditingkat permainan biasa, sekolah, kuliah, semi profesional maupun profesional, mayoritas poin biasanya didapatkan dari jenis shoot ini.
Inti dari Jump Shoot dalam kalimat simple adalah “semakin tinggi lompatan maka semakin baik” , karena semakin tinggi lompatan maka lebih mudah menghindari blok.
Tapi falsafah ini juga banyak lawannya, karena dalam bola basket modern, “percepatan lompatan lebih penting daripada tinggi maksimal lompatan”

Dalam melakukan Jump Shoot sangatlah penting untuk menguasai teknik BEEF (Ball, Eye, Elbow and Follow Through) dengan sempurna. Karena dasar dari semua shooting adalah BEEF (*untuk BEEF bisa dilihat di postingan Shooting Dasar)
Berikut adalah sedikit saran bagi pelatih maupun pemain dalam berlatih Jump Shoot, sebenarnya sih sama aja dengan intisari BEEF, tapi berikut saya tulis ulang saja :
-         posisi bola harus didepan agak ke atas kepala
-         mata pemain harus selslu fokus dan tertuju kepada target sasaran (ring)
-         seimbangkan tubuh, jangan terlalu maju atau mundur, tetap relaks.
-         Peganglah bola dengan lembut, seperti memegang telur
-         Lepaskan bola pada saat kita sampai pada titik tertinggi lompatan (perlu latihan.. keras)
-         Jangan berusaha untuk mengarahkan bola, tapi ikuti saja arah bola.. just follow it through. (akan lebih jelas nanti terkait dengan teknik Lay Up)

Terdapat 4 jenis Jump Shoot Dasar dalam permainan bola basket yang harus di ketahui, yaitu :
2. Standing Jump Shoot
3. No Charge Jump Shoot
4. Quick Stop Jump Shoot
Drive and Jump Shoot adalah jump shoot dasar yang dalam artian harfiah adalah dribble and shoot.
Standing Jump Shoot adalah Jump Shoot dalam posisi bebas, analogi dalam permainan adalah pemain menerima passing dalam daerah kosong dan melakukan jump shoot
No Charge Jump Shoot adalah jump shoot dengan penjagaan man to man, namun harus mampu melakukan shoot tanpa terkena offensive foul (melakukan vertical jump-melompat vertikal- dan bukan melompat ke depan yang mengakibatkan offensive)
Quick Stop Jump Shoot adalah  melakukan jump shoot secara kilat, analogi dalam permainan adalah.. anda berlari, menerima passing, lalu langsung jump shoot mendahului penjagaan lawan.

Untuk pembahasan mengenai cara berlatih jenis jenis Jump Shoot silahkan klik link diatas sesuai nama jump shoot yang ingin dilatih. thanks.
Semoga post ini berguna.. dan jangan lupa
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini..^^V


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Yudawa Suseno, Published at 20.00

4 komentar:

Latest News from Viva

About Us

...
Copyright © 2013 Tutorial Bola Basket (Basketball)