Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Senin, 22 November 2010

[Offensive] One on One


Oke bro, mari kita berlanjut ke pembahasan 8 basic offense secara mendalam.
Pembahasan pertama kita mulai dengan One on One Play.

Play One on One
One on One (berikut disebut triple O) adalah jenis dasar permainan yang harus di kuasai setiap pemain dalam team. Dalam hal ini saya khususkan kepada Offensive triple O. mungkin akan saya coba jabarkan beberapa trick or skill triple O dasar yang bisa di pahami dan di cerna oleh pemain pemula maupun senior (ceilee.. kaya gw dah tuwir aje.. ahee).

Gerakan Stasioner
Setelah pemain menerima bola biasanya dia akan diam ditempat karena ada penjagaan lawan, nah inilah yang disebut gerakan stasioner, bisa diam, lirik kiri kanan, tunjuk kiri kanan, pivot, apa aja.. asal dalam posisi tetap maka dia disebut dalam posisi stasioner.
Nah bagaimana dalam gerakan stasioner ini kita mampu menciptakan ruang tembak, passing, maupun drive dalam penjagaan lawan (triple O)??  ikutilah sedikit tutorial berikut ini.. check it out..

Strong Side Drive
Mungkin udah pada taw ya tentang teori Strong Side / Weak Side dalam membaca lapangan permainan (silahkan baca Weakside-Strongside dan aplikasi simplenya) . maksud dari strong side dalam triple O adalah ketika lawan berada dalam jalur atau posisi yang tepat untuk mencegat kita. Nah bagaimana kita bisa drive melalui posisi strong side? Begini tricknya..
Ketika mendapatkan bola dan lawan menghadang, lakukan jab step (ingat pukulan lurus cepat dalam tinju? Nah ini sama, Cuma pakek kaki..) untuk melihat reaksi lawan. Biasanya pemain kidal jab step kiri, dan pemain kanan jab step kanan. Jab step haruslah dilakukan dengan cepat, DAN JIKA lawan tidak bereaksi terhadap gerakan kita makan lanjutkan jab step dengan langkah yang lebih panjang ke arah yang sama sambil drible, tujuannya adalah melewati lawan dengan quick dribble lalu shoot..

Crossover Step
Sesuai namana, langkah menyilang.. maksudnya adalah melangkah menyilang melewati penjagaan lawan. Nah, bagaimana prakteknya? Mari kita lanjutkan dari tutorial diatas tentang strongside drive. DAN JIKA lawan bereaksi ke arah jab step kita, maka segera mungkin bergerak ke arah yang berlawanan dari arah reaksi lawan. Tujuan utamanya tentu saja sama, yaitu melewati lawan dalam 1 langkah panjang ditambah quick dribble dan.. shoot…

Jab Step to Jump Shoot
Nah ini lagi.. dari namanya jg dah ngerti dong. Menggunakan jab step yang dilanjutkan dengan jump shoot. DAN JIKA lawan bereaksi maupun tidak bereaksi terhadap jab step, lakukan quick jump shoot (silahkan baca tentang jump shoot)
Berikut adalah beberapa diagram untuk berlatih One on One Play


Free Image Hosting at www.ImageShack.us
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

2 Gambar sisamping adalah pola latihan yang bisa digunakan untuk melatih one on one offensive skill.
legenda gambar seperti biasa, sudah pada ngertikan lingkaran apa, segitiga apa, garus patah2x apa, garis ikal apa?

oke pada gambar pertama bisa kita lihat 2 jenis latihan one on one. kita lihat pada gambar pertama pemain no 3 berusaha melewati penjagaan untuk mendapatkan easy basket dibawah ring dan juga bisa menggunakan kesempatan untuk mendapatkan shoot 3 point.

pada gambar ke dua kita lihat aplikasi latihan one on one dalam set setengah lapangan full 5 vs 5. dimana pemain no 1 berusaha melewati penjagaan dan menerima passing dari player 2 tepat di garis free throw yang memungkinkan dia memiliki option shooting, drive maupun passing.

pola latihan diatas adalah sebagian kecil saja dari variasi latihan one on one dalam posisi offense. bermacam macam pola latihan dan taktik bisa dikembangkan menurut insting pemain dilapangan. semoga berguna buat latihan ya....

Semoga post ini berguna.. dan jangan lupa
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini..^^V


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top