Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Minggu, 21 November 2010

Melatih Free Throw (Lemparan Bebas)

Free Image Hosting at www.ImageShack.usBerlatih Free Throw (Lemparan Bebas)
Dasar dari free throw adalah hampir sama seperti jenis shoot lain dalam bola basket , yaitu Balance, Aim, Follow Through.
Harus kita sadari bahwa sebenarnya hampir semua pemain memiliki keseimbangan tubuh yang baik (buktinya bisa berdiri, berjalan dan berlari, kalo ga seimbang bisa jalan macam orang sakaw kan??). tapi hanya sedikit yang mampu memaksimalkan kemampuan balance mereka untuk mendukung kemampuan shootnya. Nah sebagai pelatih, itu tugas kita untuk melatih mereka melalui prosedur yang sesuai.

Aiming (jangan dibaca Aming ye.. )atau bahasa sundanya “ngincer” adalah kemampuan konsentrasi dan penglihatan. Beberapa pelatih biasanya menyarankan untuk menjadikan bibir ring adalah target (apalagi dibayangin bibir luna maya… walo bekas ariel ga apa apa dah…), tapi ada juga yang menyarankan untuk menjadikan pantat ring sebagai target (wah kalo ini idem dah sama bibir..) tapi secara pribadi saya selalu menyarankan pemain untuk melihat ring sebagai satu kesatuan lobang (aduh.. ini mah SENSOR ah), bayangkan… resapi… tembak tengahnya…hehehe. Karena apa? Karena kalau kalian sadar, bahwa bola basket itu berdiameter 23cm, dan ring berdiameter 45cm.. logikanya lobang sebesar itu masa nda masuk? Dan kembali lagi.. its all about heart. Sebaik apapun teknik pemain, tanpa didukung percaya diri sama aja bo’ong.. ya kaga??
Nih yang biasa saya sarankan kepada pemain (karena kebetulan saya pribadi shooter)
Jaga Keseimbangan.. tegak, relaks.. jangan slonongan macam orang sakaw
Fokus pada ring, anggap sebagai itu adalah lubang yang besar (faktanya emang iye..)
Konsentrasi dan bayangkan gerakan bola menuju target (shooter yang baik mampu pasti)
Follow Through (cape jelasinnya.. lengkapnya ada di post ini )
Jaga ritme dari persiapan (drible2x kecil), pegang bola (seperti megang telur), Aiming, Shoot… smooth shoot means no sound (maksudnya shoot yang baik ga akan nyentuh ring, tapi bukan air ball, kalo ntu mah bloon amat, gw suru push up sampe mabok kalo free throw aje air ball).
Berikut adalah beberapa cara melatih free throw


Semoga post ini berguna.. dan jangan lupa
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini..^^V


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top