Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Selasa, 10 Juli 2012

[Footwork] Latihan gerakan kaki segitiga

kali ini kita akan berlatih gerakan footwork bola basket. seperti kita ketahui terdapat 2 jenis footwork dasar dalam bola basket yaitu : geser, sprint, dan backpedal.

TUJUAN
1. Mempraktikkan tiga pola gerak kaki khusus (geser, sprint, dan backpedal (lari mundur)) dalam bola basket
2. Mempraktikkan pergantian arah cepat
3. Mengembangkan komponen-komponen kebugaran dalam olahraga yang meliputi ketangkasan, kecepatan, dan keseimbangan

PERALATAN
Empat sampai enam bola basket untuk gerak kaki menyerang, tanpa bola untuk gerak kaki bertahan

DESKRIPSI
1. Mintalah para siswa membentuk pasangan-pasangan yang seimbang dan mintalah satu anggota masing-masing pasangan berdiri di garis lemparan bebas.
2. Dengan aba-aba "Mulai!" setiap pasangan bergeser ke sudut lapangan. Instruksikan para siswa untuk tetap sejajar dengan garis. Saat sampai di sudut lapangan mereka menginjakkan sisi luar kakinya pada garis tepi lapangan, clan mengubah arah kaki ke arah siku-siku (sudut garis lemparan clan garis belakang ring).
3. Berikutnya, mereka harus lari sprint ke siku-siku. Tekankan lari sprint lurus ke arah siku-siku clan bukan ke garis lengkung. Saat mereka mendekati siku-siku, kaki dihentakkan untuk mengurangi kecepatan dan siap melakukan backpedal dengan kaki. Backpedal dilakukan dengan posisi tubuh seperti lari sprint tetapi ke arah belakang dengan posisi pundak condong ke depan.
4. Para siswa melakukan lari backpedal dari garis lemparan bebas ke garis belakang ring. Ingatkan untuk bergerak dengan hati-hati; beritahu agar bahu mereka harus selalu condong ke depan agar mereka tidak kehilangan keseimbangan clan terjatuh ke belakang.

VARIASI
Tambah satu bola dan ubah kegiatan menjadi latihan menyerang seperti berikut:
• Dribel kuat ke garis tepi lapangan, dribel cepat ke siku-siku, dan dribel mundur ke arah garis belakang ring.
• Umpan bola ke pelatih yang berdiri di siku-siku, geser ke sudut, lalu terima umpan saat kembali dari pelatih. Umpan lagi ke pelatih, lari sprint ke siku-siku, dan berdiri di posisi garis lemparan bebas. Pelatih kemudian mengumpankan bola ke pemain yang melakukan dribel kuat untuk kembali ke garis lemparan bebas lalu melakukan gerak penutup dan menembak dalam lingkaran (seperti jump shot putar atau tembakan tipuan clan lecutan atau pukulan).

TIP PENGAJARAN
• Persiapkan para siswa untuk kondisi tekanan pertandingan dengan pertama-tama mengajarkan latihan ini pada kecepatan sedang; jika gerak kaki dilakukan dengan benar, tambah kecepatan, dan tambah tingkat persaingan, dengan berlomba atau memberi skor, antar pemain.
• Ingat, sesuaikan ukuran dan kecepatan bila dilombakan.
• Perkenalkan keterampilan-keterampilan yang lebih sulit j ika gerak kaki telah berhasil dikuasai.
Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top