Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Jumat, 26 November 2010

[Offensive] Scissors Cut

Scissors Cut adalah pengembangan dari jenis cutting dalam teori offensive basket. melatih gerakan scissors gampang2x sulit. biasanya dilakukan oleh 3 orang pemain dalam 1 team. dimana salah satunya adalah sebagai wall/tembok pemegang bola, pemain yang berfungsi sebagai wall haruslah memiliki tinggi badan diatas rata rata dan memiliki gerakan pivot yang bagus (untuk lebih jelasnya lihatlah gambar2x diagram dibawah)


Scissors 1 - Gerakan Dasar
Latihan ini melibatkan dua guard 1 dan 2 dan center 5. Guard 1 passing ke 5, memotong ke luar setengah lingkaran busur dan memotong ke kanan. Player 2 melakukan gerakan fake/palsu langkah ke kanan, kemudian memotong ke kiri.


Scissors 2 - Gerakan Dasar (digunakan dengan tembakan atas double screen)
Player 5 menerima passing dari pemain 2, yang bergerak dalam gerakan gunting normal ke luar pass nya. player 1 melakukan fake yang dipotong ke kiri dan melengkapi scissors. Defender 1 bergerak ke belakang pemain ofensif 2 mencoba menggagalkan efektivitas cutting 2's. 1 tim berhenti, menerima passing dari tim 5 dan melakukan shoting dengan perlindungan screen pemain 2 dan 5

Perlu di ingat !!!
Pemain Pivot no 5 harus selalu menangkap bola dengan kedua kaki dari lantai dan tanah secara bersamaan di kedua kaki nyaman menyebar. Dengan cara ini, kaki dapat menjadi kaki pivot. Juga, mereka harus lulus dengan kedua kaki di lantai.



Scissors 3 - Gerakan Dasar (Teknik pivot)
Player 2 memberi passing ke pemain 5 dan melakukan gerakan. pemain pivot, 5, mengamati Lawan pindah ke kanan dalam mengantisipasi cuttin pemain 2's. Setelah melihat manuver defensif ini, pemain 1 melakukan gerakan fake meminta bola kepada pemain 5. Player 5 berporos pada kaki kanannya dan langkah-langkah menuju keranjang dengan langkah kiri panjang. Dia mungkin baik (1} menggiring bola dalam untuk lay-up atau (2) mengambil tembakan melompat.

berikut beberapa diagram lain yang pastinya sudah bisa di mengerti berdasarkan penjabaran diagram diagram latihan diatas


Semoga post ini berguna ya.. dam jangan lupa..
BLOG ini dibiayai oleh yang dibawah ini...^^V


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top