Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Jumat, 13 April 2012

[Latihan Ball Handling] Hiu dan Ikan Teri

Salah satu bentuk latihan Ball Handling yang akan dibahas pada artikel ini adalah latihan yang bernama Ikan Hiu dan Ikan Teri. latihan dasar ini membentuk keterampilan bertahan dan menyerang dalam bola basket sekaligus juga melatih strategi dasar dalam permainan bola basket. Aspek penting yang dilatih disini adalah ball handling, dribble, posisi defense, dan strategi.

Waktu LatihanStandar / Kelas
5 Menit
  1. mendemonstrasikan kompetensi keterampilan dan pola gerak yang diperlukan untuk melakukan kegiatan jasmani
  2. Menunjukkan perilaku sosial dan pribadi yang penuh tanggung jawab yang mencerminkan rasa hormat kepada diri sendiri dan orang lain dalam lingkup kegiatan jasmani
  3. Mendemonstrasikan pemahaman konsep gerak, prinsip, strategi, dan taktik yang dilaksanakan dalam pembelajaran dan kinerja kegiatan jasmani

TUJUAN
1. Mempraktikkan keterampilan-keterampilan bertahan clan menyerang
2. Menyusun strategi saat bermain
3. Mempraktikkan dribel melewati pemain bertahan
4. Mempraktikkan pergantian arah clan langkah

PERALATAN
Satu bola untuk setiap siswa

DESKRIPSI
  1. Instruksikan kepada semua pemain untuk mengambil bola clan berbaris sepanjang garis tepi lapangan. Pilih dua atau tiga "hiu" clan posisikan mereka di sekitar lapangan tengah (lihat gambar). Instruksikan kepada para hiu untuk meletakkan bolanya masingmasing.
  2.  Jelaskan kepada semua siswa bahwa hiu-hiu akan bertahan dari "ikan teri" pemain di sepanjang garis tepi lapangan saat ikan teri mencoba mendribel menyeberangi garis tepi lapangan hiu. Hiu harus mencoba menghentikan ikan teri dengan mencuri bola.
  3.  Jika hiu berhasil mencuri bola, maka ikan teri harus menaruh bolanya di dekat dinding ruangan, lalu menjadi hiu, dan bertahan melawan ikan teri yang masih tersisa. Jika dilanggar, ikan teri mendapat satu umpan bebas. Saat ikan teri berhasil masuk ke garis tepi lapangan hiu, maka ikan teri boleh langsung kembali ke garis tepi lapangan semula atau beristirahat selama maksima120 detik.
  4.  Permainan berlanjut sampai semua ikan teri tertangkap. Ikan teri harus menggunakan berbagai gerak dribel (dribel kontrol; kuat, cepat, mundur, pergantian arah dan langkah) agar bola mereka tidak dicuri.

VARIASI
  • Instruksikan dua pemain ikan teri (atau tiga orang ikan teri, atau lebih) berbagi dan mengumpan satu bola saat mereka mencoba menyebrang ke lapangan lawan
  •  Berikan satu angka bagi setiap pemain yang berhasil menyeberang dengan selamat dan lihat siapa yang paling banyak mendapatkan angka.

TIP PENGAJARAN
Hiu dan Ikan Teri merupakan kegiatan pemanasan yang balk, atau dapat juga digunakan sebagai permainan pendek di akhir pelajaran.

latihan ball handling dribble


Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top