Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Senin, 02 April 2012

[Latihan Pemanasan] Dribbling, Steal, Ball Control

Latihan Pemanasan kali ini akan menitik beratkan kepada kemampuan dribble, steal dan ball control dalam permainan bola basket. Pemanasan yang diselingi oleh teknik dasar bola basket akan lebih menyenangkan daripada pemanasan yang melulu tentang fisik.


Waktu LatihanStandar / Kelas
5 Menit
  1. mendemonstrasikan kompetensi keterampilan dan pola gerak yang diperlukan untuk melakukan kegiatan jasmani
  2. Menunjukkan perilaku sosial dan pribadi yang penuh tanggung jawab yang mencerminkan rasa hormat kepada diri sendiri dan orang lain dalam lingkup kegiatan jasmani
  3. Mendemonstrasikan pemahaman konsep gerak, prinsip, strategi, dan taktik yang dilaksanakan dalam pembelajaran dan kinerja kegiatan jasmani

    Latihan Pemanasan Dasar untuk siswa SD/SMP


TUJUAN :
  1. Dribble melewati penghalang
  2. melindungi bola basket dari pemain lawan
  3. belajar mencuri bola dari pemain lawan tanpa melakukan pelanggaran.

PERALATAN:
Satu bola untuk separuh jumlah siswa, satu polyspot (hula hoop atau bisa juga gambar lingkaran dari kapur tulis) untuk setengah jumlah siswa lain.

DESKRIPSI
  1. Sebar poly spot keseluruh ruang terbuka dilapangan. bagi kelas menjadi dua tim. semua pemain tim 1 masing-masing berdiri denan kedua kaki berada didalam lingkaran poly spot.
  2. Pemain-pemain tim 2 bergerak ke semua ruang sambil mendribble melewati poly spot tanpa menabrak pemain tim 1 yang berdiri ditengahnya dan juga tidka bertabrakan dengan sesama tim 2.
  3. ketika semua pemain telah melewati poly spot, Pelatih dapat mengatakan "Mulai" maka pada saat itu pemain tim 1 yang berada didalam poly spot dapat berusaha merebut  bola pemain 2 tanpa keluar dari lingkaran. Pemain tim 1 dapat menepis, merebut bola tetapi tidak boleh menyentuh pemain tim 2 karena itu adalah pelanggaran. Instruksikan tim 2 untuk melakukan gerak dribble yang benar seperti meindungi bola, berganti tangan, arah dan kecepatan).
  4. ketika pemain tim 2 dapat direbut atau ditepis bolanya, berikan hukuman dipinggir lapangan.
  5. bermainlah selama 20-30 detik lalu gantilan peran tim 1 dan 2.
  6. seiring berkembangnya kemampuan dribble, maka poly spot dapat ditaruh saling berdekatan sehingga lebih sulit untuk menjaga bola.

Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top